Monday, May 26, 2014

Tetaplah merokok, dan biarkan kami hidup lebih lama.

  
Saya tidak bermaksud melarang orang-orang untuk merokok. Karena saya tahu, saya termasuk orang yang tidak suka dilarang. Saya paham, bagi mereka yang candu rokok, itu adalah satu kesenangan. Dan tak ada orang yang suka kesenangannya diusik. Tapi melakukan kesenangan di atas ketidaknyamanan orang lain bukankah sesuatu yang kurang baik?

Saya menuliskan ini, karena saya resah. Saya ingin mengajak bertukar pikiran. Sekali lagi saya katakan; saya tidak ingin melarang orang merokok, karena ayah saya juga salah satu di antaranya, saya menghormati perokok, saya menghormati ayah saya. Tapi ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan, semoga bisa kita renungkan.  


Saya tidak percaya; berhenti merokok membuatmu kaya. Tapi saya percaya tidak merokok di tempat umum kamu membuat orang lain tetap bahagia.

Jika kamu perokok, kamu tak usah berhenti merokok. Cukup berhenti merokok di dekat orang yang tidak merokok.

Tak ada yang salah dengan merokok bagimu, tak ada salahnya juga kan untuk jeda merokok dan tetap menjaga hak orang lain agar tak terganggu?

Merokok adalah hak individu, tapi memberi udara yang nyaman pada orang yang tidak merokok juga hak mereka.

Merokok di tempat umum, yang ada orang tidak merokok di sana sama saja dengan merampas hak orang lain.

Salah satu cara menghargai teman yang tidak perokok, adalah dengan tidak merokok di dekatnya.

Yang membuat kita melakukan kesalahan berkali-kali adalah ketidakmauan kita untuk peduli. Kita menuntut untuk dihargai, namun sering kali kita lupa menghargai hak-hak kecil orang lain.

Tetaplah merokok! Dan biarkan kami tetap hidup lebih lama.


Boy candra

26/05/2014