Friday, January 9, 2015

Tentang buku Catatan Pendek Untuk Cinta Yang Panjang





Selain mengapdet blog tentang perasaan. Salah satu yang paling saya senangi adalah mengabarkan tentang buku baru saya yang akan terbit. Buku ketiga saya. 

Belakangan saya banyak sekali mendapat pertanyaan di twitter dan pesbuk. Tentang buku ketiga saya. Nah, pada postingan kali ini saya ingin menceritakan proses tentang buku ini.

Awalnya, beberapa bulan lalu, saya mengajukan draf naskah novel (judulnya saya rahasiakan) kepada editor saya, kak Nita. Setelah tiga bulan, rencananya naskah itu akan diajukan ke redaksi. Saya otomatis senang, meski belum pasti naskah itu kapan terbit.  Beberapa hari kemudian, editor saya menawarkan untuk menulis novel edisi valentine. Karena waktu mepet, saya tidak jadi menulisnya. Kemudian, sekitar awal november lalu, editor saya menawarkan lagi untuk menulis buku non fiksi tentang hubungan asmara. Lagi-lagi saya terkendala waktu. Saya tidak menyanggupi.

Namun, sejak setahun lalu, saya menulis catatan-catatan perasaan.  Sebagian sudah saat apdet di blog ini. Dan kalian juga sudah baca, barangkali. Sebelum editor saya menawarkan untuk menulis buku non fiksi. Saya memang pernah merencanakan untuk menulis buku berupa catatan perasaan –seperti kumpulan tulisan yang saya posting di blog. Namun tidak pernah merencanakan kapan terbitnya. Dan kebetulan, editor saya menawarkan untuk menulis buku non fiksi. Akhirnya saya berinisiatif untuk mengirimkan beberapa tulisan sebagai sample.

Beberapa hari kemudian, editor saya mengabarkan; penerbit tertarik untuk menerbitkan buku ini. Dengan catatan, saya hanya diberi waktu seminggu untuk menyusun draf naskah. Saya pun menyanggupinya. Esoknya,  saya langsung memilih catatan yang sudah ada di blog. Merevisi lagi. Juga memilih beberapa catatan yang belum pernah saya publikasikan. Setelah merasa cukup. Saya membagi menjadi 4 bab, yang terbagi kepada: 1. Hari-hari jatuh dan menjatuhkan hati. 2. Hari-Hari Bertahan bertahun-tahun.  3. Hari-hari patah dan kalah. 4. Hari-hari menyadari semuanya harus indah kembali. Ada 96 catatan tentang perasaan. Mulai perihal jatuh hati –hingga kenapa kita harus Move on! Sebagian sudah pernah saya apdet di blog  ini (tentu ketika di buku nanti sudah direvisi oleh saya dan editor saya, sebagian lagi adalah tulisan baru).

Jadi, kalau ada yang bertanya: Apakah buku ini seperti novel Origami Hati  yang hanya satu kisah sampai akhir? Atau seperti buku Setelah Hujan Reda yang berisi kumpulan cerita tentang cinta? Jawabannya: bukan!

Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi catatan-catatan pendek tentang perasaan. Perenungan untuk cinta –yang panjang. Hampir mencakup semua aspek asmara –jatuh cinta, galau, patah hati, move on!.  Sebagian adalah pengalaman pribadi saya, namun beberapa saya tulis berdasarkan apa yang saya amati, apa yang saya dengar, apa yang orang curhatkan. Saya berharap semoga  buku ini bisa menjadi pilihan bacaan yang baru untuk kalian.  

Judulnya         : Catatan Pendek Untuk Cinta Yang Panjang
Penerbit          : Media Kita
Rencana Terbit: Februari 2015

Semoga postingan ini bisa menjawab pertanyaan kalian. Senang bisa berbagi, senang seandainya buku ini bisa segera sampai ke tangan kalian. Dan tentu, semoga menghibur dan menginspirasi.

O..iya, sebelum saya akhiri. Kenapa harus catatan pendek? Karena saya percaya, orang-orang tidak suka bertele-tele kalau bicara cinta. J

Selamat menunggu!

Salam,

Boy Candra

11 comments:

Siti Alfathia said...

makasih info nya kak :)

Eka novita said...

Gak sabar nunggu buku nya :)

nurul islamia said...

Ditunggu bukunya kaa :)

Shofwatin Nida said...

sip kak, ditunggu bukunya ya kak.

Fikri Ibrahim said...

Aminn.
Semoga menjadi buku yang lebih menarik lagi. Sukses bg boy buat novel Ke-3 ini.
siap Menunggu :)

Iis Kisshari said...

belajar menikmati "menunggu"

Sintya Moeharyoso said...

I will waitting :-)

Retno Fujiati said...

Ditunggu terbitnya bang boy :) sekarang,buku ini hanya bisa dipesan online yah?

Dina Ayu Lestari said...

Sukses buat novel ke-3 x :)

Muhammad Ahyad said...

bang pengen buku ini dong, saya udah nyari kesana kemari pd gk ada trus!!! emng hrus dipesen ke abang???

Ancilla Renya said...

Bisa pesan online gak ya? Karena saya cari di Gramedia matraman udah nggak ada :( padahal 3 minggu sebelumnya ada banyak di bagian Buku Laris :(