Sunday, March 27, 2016

Menikmati Fase Bertumbuh





Pada fase tertentu kau akan disama-samakan dengan orang lain. Kau akan dibanding-bandingkan dengan seseorang di luar sana. Tidak ada yang salah dengan semua itu. Tanpa disadari, diakui atau tidak, setiap orang punya pengaruh dari apa yang ada di lingkungannya. Namun, jika mereka benar-benar ingin memahami tak ada hal yang benar-benar sama di dunia ini. Jadi, tak perlu dibahas panjang perihal kau yang disama-samakan atau dibanding-bandingkan. Bukankah itu hal yang biasa saja?

Kau hanya perlu melakukan apa yang kau suka. Tumbuh sebagai dirimu sendiri. Orang bisa merasa mampu menilaimu hanya dalam satu kali pertemuan, hanya dalam satu kali pembacaan, tapi sesungguhnya tak ada yang benar-benar mampu melakukan penilaian penuh akan seseorang. Meski seumur hidupmu bersamanya. Hal terpenting kau lakukan dalam hidup adalah jujur mengenali dirimu sendiri.

Kau tak perlu marah saat seseorang mengatakan, “eh kok kamu karyanya mirip sama si A”. hanya karena kamu menjalani genre yang sama. Atau, “eh kok kamu suaranya mirip sama si B”, hanya karena kamu menyukai lagu-lagu si B. Lalu disama-samakan. Setiap orang sesungguhnya tak ada yang bisa tumbuh tanpa pengaruh orang lain. Kau hanya perlu jujur dalam melakukan hal yang kau suka. Lakukanlah atas dirimu sendiri. Bukan karena kau ingin menjadi seseorang yang kau kagumi. Kelak, akan ada fase seseorang membedakanmu. Toh, akhirnya suatu hari nanti akan ada fase di mana generasi setelah kamu akan disama-samakan, atau dibanding-bandingkan dengan kamu.

Dunia ini berputar –apapun yang kau anggap baru hari ini, bisa jadi hanyalah pengubahan wajah, pengolahan ulang, atau pengembangan dari apa yang ada di masa lalu. Yang membedakannya dengan hari ini terletak pada prosesnya. Apakah proses itu cukup matang, terlalu matang, atau setengah matang. Maka, satu cara baik untuk kesemua itu adalah dengan terus belajar dan tumbuh, mempermatang hal yang kau sukai. Hingga suatu hari nanti bukan kamu lagi yang disama-samakan dengan pendahulumu, namun generasi mendatang yang akan disama-samakan, dibanding-bandingkan denganmu. Itulah bukti, bahwa hidup ini berputar,  kamu tak akan bisa tumbuh tanpa ada orang-orang sebelum kamu, tanpa ada orang-orang sekitar kamu.

Boy Candra | 27/03/2016




4 comments:

Masper said...

Dari tulisan ini, gue nemu dua hal penting, Bang.
1. Jadilah dirimu sendiri.
2. Lakukan apa yang kamu suka.

Dan dua-duanya sangat penting diaplikasikan di dalam kehidupan kita.

SN aziza said...

Setiap orang diciptakan berbeda
Mirip belum tentu sama
Kapan2 mampir bang ke blog saya
Sofia-nur-aziza.Blogspot.con

Mnemo said...

Kritik sarannya kak www.lukadanlupa.blogspot.com gue tunggu kak,gue cuma anak pedalaman desa belajar nulis

vitalitas pria said...

makasih info tulisan artikelnya menginspirasi sekali