Monday, December 12, 2011

Penulis kebangetan


               Pagi ini gue kembali terbangun kesiangan. Kebiasaan gue tiap hari. Gue jalanin mulai dari bangun- kampus-onlinegratis-pulang. Sebagai mahasiswa yang sudah bisa dikatakan mahasiswa tingkat akhir. gue baru menyadari kalo gue belum punya cita cita dan rencana yang jelas buat masa depan gue. Pernah berkhayal jadi guru bahasa inggris, karena waktu itu (smp kelas satu ) gue punya guru bahasa inggris yang menyenangkan.sewaktu itu gue juga lagi jatuh cinta ma seoarang cewek.itu dulu. Dan baru baru ini gue berniat jadi seorang presenter TV NASIONAL, Transt tv. jadi host The hits gantiin jhon marthin alias jhon pantau. Ini juga pengaruh karena gue ngangkat  ( barang kale) acara seminar nasional komunikasi bersama Indra Herlambang. Dan gue juga pernah terinspirasi oleh radityadika seorang penulis yang gue kagumi sejak nonton Film kambing jantannya.sampai berusaha buat belajar blog yang ujung ujungnya gue jadi orang yang
GO BLOG (dalam hal ini baca saja goblok). Setelah sekian lama tau dan mengagumi raditya dika. Tapi sayangnya baru hari ini gue bisa baca buku dia “ marmut merah jambu” . Padahal waktu gue nulis ini, buku terbaru radityadika dah mau terbit lagi. ‘lelaki setengah salmon’. Upss….salah maksud gue ‘manusia setengah salmon’. tapi gue emang termasuk lelaki yang belum (kurang=tidak ) suka baca -membaca. Apalagi bacaanya tentang buku KIMIA ORGANIK, Kalkulus ,statistik, dan kawan kawanya. Alasanya sederhananya
# gue jurusan administrasi pendidikan? Pasti lo gak tau kan? Gua aja taunya pas masuk jurusan ini. Tapi jurusan ini keren kok ( mana tau dosen gue baca). hehehe peace.
# gue emang gak suka baca buku , menurut teori yang gue dengar gue tipe lelaki audiovisual kayak televisi gitu. Audiovisual itu istilah dunia radio artinya lihat dan bunyikan.
# gue percaya pepatah : malu bertanya, sesat dijalan. Tu makanya gue lebih suka nanya nanya (istilah kerenya plagiat ) jawaban teman gue pas ujian. Coba pepatahnya gini : malu membaca ,sesat di jalan. Pasti gue rajin membaca. Jadi yang salah siapa coba?
# adalagi pepatah yang diajarin oleh guru bahasa SD gue.’ Rajin pangkal kaya malas pangkal bodoh’. Jadi gak ada hubunganya kalo pengen kaya harus rajin membaca. Makanya gue gak suka membaca. Coba waktu itu di ajarin ‘membaca pangkal kaya’. Pasti gue rajin membaca.
# ini alasan paling penting kenapa gue gak suka membaca buku, terutama buku kimia organik dan kalkulus serta sahabatnya si buku statistic dan saudara tirinya fisika tulen. Jawabanya simple aja sih, karena OTAK GUE GAK CUKUP BUAT MAHAMIN BUKU KALKULUS BERSAUDARA ITU.
Jujur gue sebenarnya malu, karena salah satu cita cita gue pengen jadi penulis kayak bang radityadika. Tapi gue bahkan belum baca buku beliau semuanya. Dasar gue emang penggemar yang keterlaluan. tak tau diri, jelek , de el el (*baru sadar). Tapi gue bakal berusaha dech kalo gue bakal rajin rajin membaca dan menabung serta rajin menulis biar bisa jadi penulis keren kayak raditya dika ma bang @poconggg. Maaf gue baru tau nama penulis itu. Maklum gue masih idiot dalam dunia ini. Tapi sebenarnya gue udah mulai kenal dengan dunia tulisan ini sejak SD. Waktu itu gue pernah disuruh mengarang cerita oleh guru gue ,menceritakan pengalaman tentang liburan sekolah, karena waktu itu gue lagi masanya puber dan sering ketemu cewek cantik dan gue berhasil menuliskan ceritanya . Tepuk tangan donk!!! Walaupun seadanya.
Sekarang gue berkhayal jadi penulis seperti raditya dika walaupun sebenarnya gue sadar sih , seperti kata pepatah gue ini ibarat ‘nyamuk yang ingin terbang ke bulan’. Pernah dengar gak pepatah itu?. Itu pepatah yang baru gue ciptain pas nulis tulisan ini. KREATIF.
Tapi tiba tiba seekor malaikat membisikkan ke gue gak ada yang gak mungkin kalo lo mau berusaha. Makanya gue masih meneruskan tulisan ini. Yang terbayang saat ini adalah seandainya tulisan ini di muat di Koran, majalah , apalagi jadi novel. Itu artinya orang bakal tau kalo dunia sudah hampir kiamat karena “gua manusia bodoh aja bisa jadi penulis”. Apa kata dunia? Dedi miswar feat melly G. sikat .
Rasa malu gue juga bertambah ketika teman gue sendiri, yang gue anggab sodara, bahkan lebih dari itu. Ketika gue minta tolong baca tulisan ini dan kasih komentar dia Cuma bilang : kalimat pertama rancu, kalimat kedua rancu, kalimat ketiga ,-. Gue langsung motong pembicaraanya. Pasti RANCU jugakan? Tanya gue. Coba lu bayangin hati siapa di Negara yang besar ini, Negara yang kaya akan sumber daya alam ini, Negara yang banyak koruptornya, Negara yang hampir (selalu) kalah dalam pertandingan main bola dengan Negara tetangga mALAYsia itu, coba lo bayangin. Sekali lagi ‘COBA LO BAYANGIN’ hati siapa yang gak bakal sedih bila orang yang lo anggab saudara ternyata bukan muji tulisan lu. Malah berani dengan jujur bilang “ tulisan lo RANCU BRO”. Gua selama ini selalu menjunjung tinggi kejujuran (kecuali kepepet) tapi kali ini gua bilang “ JUJUR ITU TIDAK ADIL “. SEKALI LAGI ‘ ADIL ITU TIDAK JUJUR BRO’.
Mungkin karena itu juga para pejabat disana? dimananya gue gak tau ? yang pasti disana jarang sekali orang ‘jujur’. Karena gue berfikir para bapak kita yang terhormat itu adalah orang yang adil kepada rakyat. Jadi pake prinsip “ADIL ITU TAK JUJUR’. Karena kalo mereka jujur, mereka tak kan bisa adil , tak kan bisa beliin mobil yang sama buat istri dan 3 selingkuhanya, gak kan bisa kuliahin semua anaknya. Yang pake akte resmi dan resmi akte. Jadi… salah siapa kalo mereka ( bapak pejabat gue, lo ,dan bambang pemungkas) pake prinsip ‘JUJUR ITU TIDAK ADIL’. jawab lah?.
Gue gak maksud ambil lahan kapeka (maaf ya), yang katanya ‘KORUPTOR BUSTER’. Gue tadi Cuma mau nulis tentang diri gua yang pengen jadi penulis. Gak tau juga kok bisa nyampe ke Kapeka segala. Maaf ya pak ,buk, mas, mbak, saya gak mau ikut campur. Apalagi jualan es campur. Maaf ya. Saya masih imut imut dan cute cute (beda imut ma cute apa ya?.bodo.) .Ya sudahlah lupain masalah kapeka, masalah koruptor, apaalagi masalah KORUPTOR BUSTER, (terinspirasi dari pilem GHOSE BUSTER).
Saking pengenya gue jadi penulis, gue bela belain beli buku. Gue bela belain minjam buku, dan gue bela belain bella safira. . apa- apaan sih? Ya itu deh, Gue heran ketika baca tulisan @poconggg dan radityadika mereka awalnya gak pernah berniat jadi penulis. Tapi kok bisa jadi penulis terkenal. Nah gue yang niat nya kebangetan jadi penulis walau gak bisa nulis . Ampe gak bisa tidur, gak bisa makan, gak bisa kemana mana. gak bisa .
Lebay.
Ini syukur gue dah bisa nulis beberapa paragraph. Biasanya Cuma satu setengah paragraph otak gue dah buntu . Gak tau setan dari mana yang ngerasuki pikiran gue ampe segini semangatnya nulis. Walaupun yang gue tulis gue gak tau intinya. Satu hal yang gua tau dari tulisan ini kalo suatu saat tulisan ini benar benar di terbitkan dan lo bisa baca . itu berarti dunia dah hampir kiamat atau gua dah strees berat atau penerbitnya kasihan ma gue. Ya begitulah. Bukan maksud merendahkan diri tapi gue Cuma berusaha agar mimpi gua bisa tercapai jadi penulis kebagetan. Maksud gue penulis terkenal.
Satu hal yang gue yakini, professor pun tak kan dikenal bila dia tak kenalan dengan kita. Begitu juga penulis, penulis tak kan pernah jadi penulis kalau tidak menulis. Sebenarnya gak ada hubungannya sih. Tapi ‘ kasihanilah gue, jangan bilang RANCU lagi, gue mohon’. memelas.
Sebenar gue malu cerita ke lo. Gue termasuk orang yang sering ngirim tulisan gue ke surat kabar kampus gue atau bahasa kerenya Koran kampus. Mulai dari ngirim puisi, sajak, komentar, essay tapi gak pernah di muat. Gue juga bingung kenapa tulisan gue gak pernah masuk Koran kampus ? Padahal kan gue juga pengen disebut ‘penulis’. Penulis kebangetan. Tulisan gue padahal gak jelek jelek banget, gue ketik rapi, spasinya 2 spasi, hurufnya Time New Roman. Apalagi coba kurangnya ? sudah masuk standar penulisan skripsi yang gue pelajari ma bu sulastri dosen gue . Ya gue akui sih paling isinya cuma rancu sedikit. Sedikit yang gak rancu.
Cerita lain gue ketika pengen disebut penulis, gue berusaha sok eksis di twitter, gue baru kenal twitter padahal orang dah kenalnya bertahun tahun sampai sampai ada yang batuk menahun gara gara twitter. Nah ini gue mahasiswa tingkat akhir yang termasuk anak gaul sedikit. Baru aja tau dengan twitter. Kemana aja lo ?.
gue tau, belum bisa jadi yang terbaik buat bokap, nyokap, adek gue, pacar , sahabat gue ,teman gue, sepeda gue, pak kos, pak dosen, dan pak satpam kampus gue, dan yang paling bikin gue sedih. Sedih bangeet gue belum bisa jadi yang terbaik buat syahrini. Gue tau, gue sadar, gue blom bisa bahagiain kalian guys. Maafin gue ya. Gue tau dari tadi gue gak bisa bikin kalian tersenyum, gue tau itu. Sekali lagi . maafin gue guys. Sekali lagi maafin gue guys. Gue bakal berjuang mengembara ke negeri cina nun jauh disana. buat bikin kalian bangga. Buat bikin kalian bahagia. Walaupun sebenarnya gue gak tau cina itu dimana. Gue gak tau mau ngapain disana. Walaupun gue belom pernah naik pesawat. Apalagi kapal laut. Mungkin kalo gue kesasar gue Cuma bisa bertanya pada rumput yang bergoyang. Mohon do’a restunya. Semoga gue bisa buat kalian bangga. Amin ya rabbil alamin.

2 comments:

Anonymous said...

sedikit lebay kayak presenter the hits 'john martinn tumbel'
sekali lagi yaa,,ADIL ITU GAK JUJUR !!!!!!!!!!! :D :D

Unknown said...

yeeyeeyeee.. bg, cita cita nya udah kesampaian nih, gak perlu nunggu dunia kiamat dulu. selamat yaa bg. bukunya udah ada 9. kurang banyak apa coba - kalau dibandingin sama prolog yang ada di blog ini. tapi semoga bisa lebih banyak lagi.. mohon doanya juga ya. kalau bg terinspirasi dari raditya dika dan @pocong, saya terinspirasi sama bg nih. pengen jadi penulis juga, sejak zaman smp sampai kuliah di tempat dg almamater yang sama dg bg boy, tulisan saya belum pernah masuk media manapun. ketika harapan mulai pupus, saya menemukan blog ini. jadi semangat lagi. semoga saya bisa jadi penulis juga sebelum dunia kiamat..