Friday, January 6, 2012

Cinta 'seekor' Monyet ( episode 1 )


Waktu gue SD gue udah mulai suka sama teman perempuan gue. Karena gue termasuk anak yang dari kecil narsisnya kebangatan. Saat itu gue masih kelas dua. Sehabis pindah dari SD inpres ke SD 27 sei jernih. Rasa itu mulai ada di hati gue . gak tahu apa namanya. Kata orang yang sudah lebih gede dari gue, disebut cinta . tepatnya cinta monyet ( cimon ). Gue sebenarnya belom tau arti cinta itu apa, tapi  yang tahu ,gue suka aja sama salah satu cewek di sekolah gue. Namanya isil .
Isil menjadi pisang pertama dalam perjalanan cinta seekor monyet ( baca : gue ). Kalo lo gak ngerti. Isil itu cinta monyet  gue.
Sebagai anak SD yang gaul.  Waktu itu gue sudah punya sepeda. Lo banyangin aja seekor monyet pake sepeda kesekolah . keren kan ?  Udah mirip ma ‘sarimin naik sepeda’ kepasar.
Perkenalan gue dengan isil dimulai saat gue memperkenalkan diri di kelas baru gue. SD 27 Sei jernih. Gue ngelihat isil memperhatikan gue. Sebenarnya gue yang memperhatikan dia. Dalam otak seekor monyet waktu itu adalah, kaulah pisang pertamaku.
Seperti yang sering gue tonton di tv. Ketika seorang cowok jatuh cinta sama teman ceweknya. Dia  bakal tungguin si cewek di depan pintu kelas pas jam istirahat atau jam pulang. Kemudian si cowok ngajak cewek pulang bareng. Atau cara ngedekatin si cewek, dengan pura pura pinjam pensil dan buku catatan. Biasanya ada juga yang pinjam ikat rambut . cowoknya ngondek.
Nungguin si cewek sepulang sekolah adalah cara yang gue piilih .   tapi dengan versi yang berbeda. Gue gak nunggu isil depan kelas. Alasanya gue gak mau privasi gue terganngu. Tepatnya gue gak mau malu di lihat teman teman gue.
Bell pulang berbunyi . waktu pulang sekolah pun tiba, tiba pulalah saatnya gue beraksi. Dan  bergegas keluar kelas. Mencari tempat yang pas buat nungguin isil, agar dia terkesan .
Gue berhenti di sebuah jalan kecil yang biasa di lalui isil . tempatnya juga  belum terlalu jauh dari sekolah. Di depan gue berhenti ada pohon jeruk bali. Gue langsung pake naluri monyet gue. Gue panjat pohon jeruk bali tersebut.  Dan memutuskan buat ngguin isil disana.
Lima menit kemudian terlihatlah isil dan seorang teman ceweknya.  wati tetangga sekaligus sahabat isil. Dari kabar yang gue dapat mereka emang sering pulang bareng. Semakin lama, mereka pun semakin dekat. Dan gue semakin deg deg-an. Rasanya kayak ketemu dosen killer buat minta tanda tangan persetujuan judul skripsi. Saat itu judul skripsi gue adalah ‘ hubungan antar personal monyet dengan pisang : studi PDKT monyet  ‘ . isil dan wati tinggal beberapa langgkah lagi untuk sampai ke dekat gue. Gue pun naik lebih tinggi lagi supaya nggak kelihatan sama isil.
Tanpa gue sadari, gue udah hampir nyampe di pucuk pohon. Salah satu ranting pohon jatuh. Bunyinya berdenting.  Isil menyadari hal itu. Gue ngelihat ke bawah. Isil juga ngelihat ke atas . mata gue rasanya seakan kena grafitasi mata nya isil . indah sekali bola mata itu. Dan tiba tiba dengan romantisnya isil ngomong
 ‘ lo maling ya?’.  Melihat ke gue, sontak gue panik.
‘Kagak’.
‘ trus ngapain lo disana, tinggi bangat lagi’ isil semakin curiga.
‘Anu..anu…’ gue jadi gagap dan  gak bisa jelasin apa apa. Trus tersadar kalo gue udah hampir nyampe di pucuk pohon. ‘ aduh.. tinggi bangat. Gue gak bisa turun.
Gue mencoba jelaskan ke isil , kalo gue nungguin dia di atas pohon.
‘ sil , gue disini nungguin lo’ ucapan gue bikin isil marah.
‘apa lo bilang nungguin gue?’.
‘ iya sil , gue nungguin lo disini’ berharap isil ngerti maksud gue’. Tapi kenyataan tak sesuai harapan
‘ eh kalo lo mau maling jeruk bali itu, maling aja lo. Gak usah ngajak gue. Pake nungguin segala lagi’. Isil bête bangat sama gue. Lalu ‘ wati. Yuk kita pergi’ . wati yang diam dari tadi hanya menggangguk pada isil, kemudian melihat dan ngomong ke gue ‘ kalo di perhatiin lo mirip monyet deh ‘ . lalu pergi.  Dan gue hanya bisa geram di atas pohon tanpa tahu pada siapa mangadu.
Setelah setengah jam berusaha turun , akhirnya gue bisa kembali ke tanah. Rasanya lega bangat, tapi rasa malu gue masih melekat erat di benak gue. Gak kebayang kalo besok di sekolah , gue bakal ketemu dengan pisang favorit gue ( baca: isil ). Hal ini adalah pengalaman berharga bangat, ternyata acara televisi yang gue tonton selama ini nggak semuanya  sesuai dengan apa yang ada di hidup gue.
Gue pulang ***
Tu bi kontinued

No comments: