Tuesday, August 6, 2013

Album foto - #CatatanDariKamar - Hari Ke 6




Malam ini saya akan menulis cerita tentang benda ke enam di hari ke enam pada catatan #CeritaDariKamar ini. – 6 agustus 2013.

Setelah memilih beberapa benda yang ingin saya tulis. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis satu benda yang mengingatkan saya pada masa sekolah dulu. Saya ingin menceritakan, Album foto.

Bagi saya, album foto ini, salah satu benda special yang masih saya simpan. Album foto yang saya punya semasa sekolah –zaman smp- dulu. Saat membukanya kembali saya merasa kembali masuk ke dunia yang dulu begitu saya nikmati. Masa remaja yang penuh dengan kekonyolan. Masa dimana, jika diingat sekarang, sering  membuat saya senyum sendiri.

Ah. Saya rindu masa-masa itu lagi. Masa dimana saya masih ngotot pengen jadi anak band. Sampai bela-belain nabungin uang jajan biar bisa rental studio band buat latihan. Bela-belain nyisihin uang jajan biar bisa ikut festival musik tingkat kecamatan. Dan semua memori itu tersimpan dalam album yang usang ini.

Beberapa kali saya kembali membuka lembaran demi lembaran foto yang ada di album ini. Setiap gambar yang saya lihat menghadirkan kembali kisah-kisah yang pernah terjadi di sana.

Selain foto masa-masa ngotot pengen jadi anak Band. Ada juga foto saya berdua dengan Putri. Perempuan yang saya ceritakan pada catatandarikamar dengan judul, Surat cinta, di hari pertama. Dan tentu saja, saya jadi rindu lagi moment itu. Tapi, sudahlah, saya hanya ingin menuliskan catatan ini untuk kalian. Saya tak ingin kembali pada masa-masa itu. Meski kadang saya rindu masa itu. Namun tak mungkin untuk kembali.

Foto adalah salah satu media mengabadikan kenangan. Dan salah satu cara untuk masuk kembali menyelami kenangan yang pernah kita lalui. Bernostalgia bersama gambar-gambar yang akan selalu hidup bagi orang-orang yang pernah mengalami kisah berarti di dalamnya. Ya, Begitulah. Saya juga sering melakukan hal itu. Kembali membuka lembaran-lembaran foto usang, dan tenggelam di dalamnya.

Bagi saya, setiap foto yang saya simpan, saya miliki, adalah rentetan kisah yang saya lalui. Hingga saya bisa menjadi seperti ini, sekarang.

No comments: