Tuesday, December 2, 2014

Terkadang Cinta Butuh Waktu Lebih.


                                                        
Beberapa orang butuh keberanian yang lebih untuk menyatakan perasaan. Butuh berhari-hari meyakinkan diri. Bahkan mungkin ada yang berbulan-bulan. Bertahun-tahun. Sebab, menyatakan perasaan memang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Meski bagi beberapa orang yang mungkin sudah biasa, akan menjadi biasa saja. Bagi mereka yang butuh keberanian, dan terus berusaha mengumpulkan keberanian. Ada hal lain yang harusnya juga tidak dilupakan. Karena beberapa hal memang tidak selalu sesuai dengan apa yang direncanakan. Ada kemungkinan-kemungkinan yang tidak bisa dihindari.

Ritual menyatakan perasaan selalu dihadapkan pada tiga perwujudan. Ditolak atau diterima, bisa juga digantung –diminta menunggu. Tidak ada yang paling jelek memang diantara ketiganya. Namun satu yang pasti, apa pun yang kaualami tetap kau harus menikmati. Tetap harus melakukan hal terbaik. Semisal ditolak, kau tetap harus berusaha membiasakan diri. Dan belajar memahami. Tidak semua keinginan bisa diwujudkan memang. Atau mungkin itu cara lain Tuhan, untuk mengatakan kau belum secinta itu kepadanya. Bisa jadi, pertanda lain: sebenarnya kau tidak membutuhkannya.

Jikalau kau diterima. Kau tetap harus berusaha lebih. Mencintai lagi dan lagi. Sebab diakui atau tidak cinta memang selalu butuh diperjuangkan. Meski tidak harus membuatmu memaksakan hal yang tidak pernah bisa kau paksakan. Namun kau harus menjadi lebih baik. Cinta yang baik selalu mengarahkanmu menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.  Cinta yang baik membuatmu berjuang untuk kau dan dia. Bukan memperjuangkan dia saja, atau dirimu saja. Semuanya menjadi seimbang. Sebab, itulah kau harus jatuh cinta. Kau butuh seseorang yang bisa mengimbangimu. Agar kau tidak jatuh sia-sia. Agar dia tidak rapuh dan menderita.

Juga pada kenyataan kau digantung –diminta menunggu. Ini bukan jawaban yang buruk. Hanya saja memang tidak semua orang bisa bersabar. Tidak semua orang bisa memahami bahwa perasaan butuh waktu. Meski jatuh cinta tidak butuh waktu. Namun menjalin hubungan tentu sebaiknya tidak dicoba-coba. Saat diminta menunggu. Barangkali cinta mengajarkan kamu untuk menjadi lebih sabar lagi. Bahwa tidak semua perasaan bisa dibalas pada waktu yang kauharapkan. Kau harus memahami: bahwa banyak sekali di dunia ini orang yang butuh waktu lebih untuk memilih. Barangkali dia memang butuh lebih untuk memilih seseorang yang lebih. Bersabar saja. Jika kau memang yang terbaik untuknya, waktu tidak akan pernah sia-sia. Pun jika pada akhirnya, dia tidak menerimamu. Setidaknya kau tahu. Bahwa beberapa cinta selain butuh waktu, juga dimiliki orang-orang peragu.


Boy Candra | 02/12/2014

No comments: